Salah satu budaya positif yang ada di SD Katolik Wijana Sejati adalah menabung kebaikan. Seluruh peserta didik mulai dari kelas I-VI ikut terlibat aktif dalam mewujudkan budaya positif menabung kebaikan tersebut. Melalui budaya positif ini, diharapkan mampu menumbuhkan nilai kebajikan yang ada dalam setiap diri peserta didik. Nilai kebajikan tersebut diharapkan mampu membawa para peserta didik mencapai kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai pribadi bagian dari keluarga, sekolah, dan masyarakat. Selain itu, budaya positif menabung kebaikan juga sejalan dengan terwujudnya Profil Pelajar Pancasila yaitu mewujudkan pribadi yang berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Tabungan kebaikan akan dipanen setiap akhir bulan. Panen tabungan kebaikan dilakukan dengan merekap seluruh kebaikan yang diperoleh setiap peserta didik. Kegiatan panen dilakukan agar semakin memotivasi semua peserta didik untuk terus melakukan kebaikan.

Tempat tabungan kebaikan yang digunakan oleh peserta didik dibuat dengan memanfaatkan barang bekas seperti kardus bekas, botol bekas, kaleng bekas, dll. Sebelum membuat tabungan kebaikan, seluruh peserta didik mengikuti kegiatan sosialisasi dan pembinaan pemanfaatan sampah oleh Ibu Riani, S.H., M.Si. selaku Direktur Bank Sampah Induk Kota Mojokerto. Melalui kegiatan ini, peserta didik telah melakukan kebaikan yaitu mendaur ulang sampah yang dapat membantu melestarikan lingkungan. Selain itu peserta didik juga dapat menuangkan kreativitasnya dalam menghias tabungan kebaikan.

Setiap hari, peserta didik kelas I-VI menabung kebaikan yang dilakukan di rumah maupun di sekolah. Kebaikan yang telah dilakukan dituliskan di lembaran kertas yang telah diberikan tanggal, kemudian di masukkan ke dalam tabungan kebaikan. Peserta didik menuliskan tabungan kebaikannya dengan memanfaatkan kertas bekas, sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir sampah kertas. Beberapa contoh kebaikan yang telah dilakukan antara lain membantu orang tua, membaca kitab suci, berbagi dengan teman, melaksanakan piket kelas, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *